Selasa, 29 Januari 2008

Komitmen Manusia Pembelajar


Aku adalah pembelajar di ‘Universitas Besar Kehidupan’
Di mana aku berdiri sendiri berhadapan dengan Tuhanku,
Lalu merenungi hakekat penciptaanku
Di sana, di sanctuari itu, aku akan melakukan ziarah,
Perjalanan ke dalam jiwaku.

Aku adalah pembelajar di ‘Universitas Besar Kehidupan’
Di mana aku belajar untuk menerima tangung jawab
Dengan pertama kali berusaha menjadi diriku sendiri,
Dan bukan orang lain
Untuk menolak yang ditentukan, didikte, dipaksakan oleh yang
Bukan ‘diriku’ siapapun atau apapun itu.

Lalu aku akan bertanya siapakah aku ini?
Dari mana aku berasal dan ke manakah aku akan pergi?
Apakah aku mampu dan harus aku lakukan sebagai egoku?
Apakah yang akan kutinggalkan di dunia ini?
Dan, kepada siapa siapa aku harus percaya kalau bukan
Kepada-Mu?

Lalu aku berjanji:
Aku akan mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan itu
Dengan mencari pengetahuan diri sepenuh hasrat
Dengan merancang pembangunan kehidupanku sendiri
Dengan keberanian menyatakan perbedaan
Dan merayakannya
Dengan mengatasi ketidakmampuan belajar
Dengan menjadi semakin manusiawi,
Lalu fidele a la mort (setia sampai mati)



** Puisi A. Harefa kutulis dalam skripsiku

1 komentar:

maria_gratia_plena mengatakan...

Marilah berjuang untuk memperoleh IP yang baik dalam Universitas Kehidupan. Tuhan kita adalah Dosen yang sangat bijaksana, tidak pernah Dia memberi soal yang lebih susah daripada yang dapat kita kerjakan. "Dosen Agung" kita akan menolong kita saat soal ujian itu ternyata masih terlalu susah buat kita. Betapa baiknya Dia. :)